Jumat, 11 Januari 2013

PT. COCA COLA DI MEDAN



1 SEJARAH
Coca-cola pertama kali dibuat pada tahun 1886 oleh Dr. Jhon Pemberton seorang apoteker dari Georgia. Dr. Jhon membuat coca-cola dari cairan seperti caramel yang ditambahkan air berkarbonasi dan kemudian menjualnya dengan harga 5 sen / gelas. Pada tahun 1888,Dr. Jhon menjual formula tersebut kepada ASO.G.Candler yang kemudian menyebarluaskan coca-cola ke seluruh Amerika.
Orang yang memberi dan menuliskan nama coca-cola dengan tulisan tangannya adalah Frank Robinson.
Coca-cola di perkenalkan di Indonesia pada tahun 1927 dan pada tahun 1932 mulai diproduksi di Jakarta. Dan pada tanggal 1 januari 2000 mulai di produksi di Medan tepatnya di JL. MEDAN BELAWAN KM.14 SIMPANG MARTUBUNG MEDAN – SUMATERA UTARA yang hasil produksinya dipasarkan di Prov.Sumatera Utara , Aceh dan Batam.

2.BAHAN DASAR PRODUK
^ Coca-cola,berasal dari buah cola.
·         Sirup konsentrat cola. Sirup ini berasal dari buah cola yang dibudidayakan di Atlanta tetapi berasal dari Afrika.
·         Air. Air yang digunakan berasal dari sumur bor yang berkedalaman  80-120m. Dalam satu hari dapat menghabiskan 3000m kubik air.
·         CO2. CO2 ditambahkan agar minuman tetap segar dan sedap.
·         Gula. Gula yang digunakan di import dari Malaysia ataupun London.
^Sprite, berasal dari buah lemon.
^Fanta
·         Fanta merah , berasal dari buah strawberry.
·         Fanta orange , berasal dari buah jeruk.
·         Fanta fruit punch , berasal dari berbagai jenis buah.
·         Fanta blueberry, berasal dari buah blueberry.
^Pulpy Orange, beraal dari sari-sari buah jeruk yang dikirim dari Los Angles dalam bentuk beku.
^Frestea, berasal dari daun teh alami
Produk The Coca-Cola Company menggunakan zat pewarna alami yaiyu dari buah-buahan .
Produk The Coca-Cola Company tidak menggunakan sitem expayed karena PHnya rendah yaitu 3-4 (asam) dan juga karena mengandung  CO2 yang membunuh kuman.
3.PROSES PRODUKSI BARANG
Di dalam PT.Coca-Cola Amatil Belawan Medan,terdapat 3 buah mesin sebagai berikut :
·         Mesin pertama memproduksi Frestea botol kaca 195ml dengan kecepatan 300 botol/menit.
·         Mesin kedua memproduksi Coca-cola,Sprite & Fanta botol plastic 500ml dengan kecepatan 100 botol/menit.
·         Mesin ketiga memproduksi Coca-cola,Sprite & Fanta botol kaca dengan kecepatan 600 botol/menit.

^Botol Kaca
Pada mesin yang memproduksi kemasan botol kaca ( mesin pertama dan ketiga ),botol yang sudah kosong diperiksa terlebih dahulu kemudian dicuci.
 Proses pemeriksaan dibagi menjadi dua cara yaitu secara manual dan otomatis. Secara manual, botol diperiksa oleh karyawan dan secara otomatis, diperiksa oleh computer dan laser.
Setelah diperiksa botol dicuci dengan mesin pencuci (washer). Cara pencuciannya adalah sebagai berikut :
Botol-botol tersusun rapi diatas rel berjalan kemudian satu per satu terbalik lalu di semprotkan air bersuhu 35 derajat C,45 derajat C, dan 75 derajat C. Kemudian dicuci dengan diverboot agar kotoran mengembang dan mudah dibersihkan. Lalu di cuci kembali dengan air.
Setelah itu,botol diberikan caustic soda dengan cara di semprotkan. Kemudian dikeringkan dengan mesin pengering (dryer).

Botol yang sudah kering kemudian diisi.
·         Mesin pertama yang memproduksi Frestea hasil akhirnya panas, karena menggunakan air panas. Oleh karena itu ,sebelum dipasarkan harus didiamkan selama 4 hari.
·         Mesin ketiga yang memproduksi Coca-cola,Sprite & Fanta hasil akhirnya dingin, karena mengandung CO2 .

Botol yang sudah berisi diberi tutup kemudian disusun dalam kerat.
^Botol Plastik
Mesin yang memproduksi botol plastic adalah mesin kedua. Botol plastic berasal dari plastic tabung prabentuk yang berukuran kecil yang yang dikirim dari Jakarta .
Plastik prabentuk disusun rapi diatas rel berjalan kemudian dipanakan dengan suhu 120 derajat C dan dicetak dengan alat yang bernama KOSME. Setelah dicetak menjadi PET Botle lalu dibasahi. Lalu diisi ,diberi tutup,dan di masukkan ke dalam kardus.

4.PENGOLAHAN LIMBAH
PT.Coca-cola Company memiliki komitmen yang tinggi terhadap lingkungan
Limbah yang dihasilkan oleh pabrik adalah air dan lumpur. Dengan menggunakan bakteri aerob air dan lumpur dipisahkan. Bakteri aerob diberi urea dan pupuk pospat,sehingga lumpur yang dihasilkan sudah mengandung pupuk. Kemudian lumpur diolah dengan mesin pengepress lumpur ( slatbelpress )sehingga menjadi pupuk. Pupuk yang dihasilkan tidak untuk diperjualbelikan. Untuk memastikan air limbah tidak berbahaya maka dipeliharalah ikan nila dan ikan emas,karena mereka sensitive terhadap air. Jika terdapat ikan yang mati maka air limbah tersebut harus dip roses ulang.
Botol-botol plastic yang sudah tidak digunakan akan di daur ulang menjadi karya seni dengan mengubah bentuknya. Atau dijadikan baju dan topi dengan menambahkan katun organic.

5.COKE FARM
Coke farm adalah program PT.Coca-Cola Amatil untuk memanfaatkan area kosong. PT.Coca-Cola Amatil Belawan menanam tanaman hidroponik yaitu sawi yang diletakkan dalam rumah kaca dengan wadah pipa plastic. Selain itu juga ada tanaman organic seperti pohon mahoni dan mangga, yang dimana bibitnya nantinya akan diberikan kepada masyarakat.



NARASUMBER : AHMAD NASOHA ( HUMAS PT.COCA-COLA AMATIL )

3 komentar:

  1. Met siang pak, Apakah di PT Coca-cola membutuhkan biji plastik PET, ricycle plastik, dan botol press..?

    BalasHapus
  2. pak, apakah ada lowongan pekerjaan untuk yang baru siap sidang s1

    BalasHapus