Jumat, 11 Januari 2013

SISTEM OPERASI WINDOWS 8



1.     MEMPERKENALKAN  WINDOWS 8

Windows 8 merupakan sistem operasi terbaru yang diproduksi oleh perusahaan Microsoft. Windows 8 menampilkan user interface baru yang dinamakan interface Metro yang sangat berbeda dengan penampilan sistem operasi windows sebelumnya.
Windows 8 didesain untuk menampilkan user interface yang cepat, luwes,dan fleksibel sehingga dapat dipakai pada berbagai tipe komputer. Windows 8 dapat digunakan dengan menggunakan keyboard dan mouse serta layar sentuh ( touch-screen ) jika fasilitas komputer mendukung hal tersebut.
Ketika memasuki windows 8 muncul tampilan start screen (jendela awal) dengan tiles (kotak-kotak) pilihan yang mampu menampilkan informasi hidup. Windows 8 didesain berdasarkan sistem operasi windows 7 sehingga fitur-fitur dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh windows 7 masih dimiliki oleh windows 8. Pemakaian baterai oleh windows 8 sangat berkurang dibandingkan dengan windows sebelumnya.
Windows 8 menggunakan istilah “Apps” untuk aplikasi program yang dimiliikinya. Windows 8 merupakan suatu sistem berbasis “cloud”. Cloud adalah lokasi di internet, dimana files, photo, data dan setting dapat disimpan agar dapat diakses dari peralatan lain dan dimana saja.

2.     VERSI-VERSI  WINDOWS 8

Windows 8 memiliki empat versi, yaitu :
ª      Windows 8 , untuk pemakaian di rumah.
ª      Windows 8 Profesional , untuk pemakaian di kantor.
ª      Windows 8 Enterprise , untuk pemakaian di kantor yang hanya khusus bagi pemakai yang memiliki lisensi Microsoft Software Assurance.
ª      Windows 8 RT , khusus untuk dipakai pada peralatan berbasis ARM processor dengan kinerja rendah. Biasanya windows 8 RT tidak dapat diinstalkan sendiri karena sudah terinstalisasikan pada peralatan berbasis ARM tersebut.

3.     WINDOWS 8  BERBASIS  32 BIT  DAN  64 BIT

Windows 8 tersedia untuk hardware berbasis 32-bit dan 64-bit. Apabila komputer yang digunakan dengan hardware 64-bit maka windows 8 berbasis 64-bit yang sangat cocok untuk digunakan. Komputer yang menggunakan CPU tipe Core i3 atau lebih baru, umumnya mendukung windows 8 berbasis 64-bit dan juga yang berbasis 32-bit.

Windows 8 berbasis 32-bit memiliki keterbatasan besar memori RAM meksimum sebesar 4GB, sedangkan windows 8 berbasis 64-bit dapat menggunakan memori RAM  hingga 192GB sehingga kinerja sistem akan  bertambah cepat. Windows 8 berbasis 32-bit cocok untuk digunakan pada  komputer tua yang meggunakan aplikasi program yang tua juga didalamnya.

4.     MENGINSTAL  WINDOWS 8

4.1.  PERSYARATAN MINIMUM

Syarat minimum hardware yang digunakan untuk menjalankan windows 8 adalah :
ª      Processor 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) 1 GHz atau lebih cepat.
ª      Memori RAM 1GB (32-bit) atau 2GB (64-bit).
ª      Harddisk dengan ruang kosong 16GB (32-bit) atau 20GB (64-bit)
ª      Graphic card yang mendukung DirectX 9 atau lebih baru.
ª      DVD Drive

4.2.  METODE DAN CARA INSTALASI

Cara instalasi sistem operasi windows 8 terdiri dari beberapa metode tergantung kebutuhan pengguna.

4.2.1.      INSTALASI   BARU  ( CLEAN  INSTALLATION )

Instalasi windows 8 terdiri atas dua phase :
ª      Phase 1 – Collecting Information
a.       Konfigurasikan CMOS (BIOS) komputer. Pada CMOS setting , atur agar boot pertama dimulai dengan DVD Drive dan kemudian harddisk.
b.      Masukkan windows 8 installation DVDdisk ke DVDdrive dan reboot komputer.
c.       Tampilan “windows setup” akan muncul, yang berisi pilihan bahasa, format waktu, mata uang dan metode input atau keyboard. Lalu klik next.
d.      Tampilan “windows setup” dengan tombol ‘instal now’ akan muncul. Klik ‘instal now’ untuk memulai proses instalasi.
e.       Enter the product key to activate windows (ketikkan product key windows 8).
f.       License terms. Beri tanda centang pada ‘i accept the license terms’. Klik next.
g.      Type instalation. Pilih ‘Custom: Install Windows only (advanced)’.
h.      Where do you want to install windows. Tentukan harddrive dan volume dimana windows akan diinstalasikan. Klik tombol next.

i.        ‘Load Driver’ apabila instalasi memerlukan driver khusus. Klik tombol ‘Drive Options (advanced)’ apabila ingin menghapus atau mengubah volume harddisk yang akan dipakai. Klik next.

ª      Phase 2 – Installing Windows
a.       Setelah reboot, akan muncul tampilan “windows setup”, yang berisi pesan-pesan : copying files, expanding files, installing features, installing updates dan completing installation.
b.      Tampilan windows akan muncul dengan mempersiapkan sistem (getting system ready).
c.       Akan tampil secara berurutan jendela:
v  Personalize , untuk memillih warna desktop dan nama komputer.
v  Wireless , untuk mengatur akses ke wireless network.
v  Setting , untuk mengatur berbagai setting dan update yang diperlukan.
v  Sign in , untuk menentukan metode sign in yang akan dipakai.
d.      Ketikkan user name , password dan password hint pada klom yang tersedia. Klik tombol ‘finish’ untuk menyelesaikan proses instalasi.
e.       Ikuti petunjuk yang muncul di layar komputer sampai proses instalasi selesai.
f.       Setelah proses instalasi selesai, tampilan ‘start screen’ akan muncul.

4.2.2.      INSTALASI  MEMPERBARUI  (UPGRADE)

Cara instalasi memperbarui hampir sama dengan instalasi baru, hanya saja instalasi memperbarui harus dilakukan dari sistem operasi windows 7 atau vista yang sudah berjalan.
Masukkan windows 8  instalation DVD disk ke dalam DVD drive . windows setup program akan mulai muncul secara otomatis. Pada tampilan pilihan tipe instalasi, pilih ‘upgrade’. Selanjutnya proses instalasi sama dengan cara instalasi baru.
Sebagai rekomendasi, komputer dengan sistem operasi windows 7 dan vista diperbarui menjadi windows 8, sedangkan windows xp jangan diperbarui dengan windows 8 karena sering bermasalah. Edisi sistem operasi windows ynag dapat diperbarui harus sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh perusahaan Microsoft (mis: windows 7 profesional menjadi windows 8 profesional).


4.2.3        METODE  DUAL  BOOT

Sebelum instalasi sistem operasi windows 8, harus di sediakan harddisk kosong pada komputer yang digunakan, dapat berupa harddisk terpisah ataupun volume pada harddisk yang sudah ada.
Cara instalasi dual boot hampir sama dengan cara instalasi baru. Masukkan windows 8 instalation DVDdisk ke DVDdrive dan reboot komputer. Windows setup akan muncul dengan otomatis. Pada tampilan pilihan tipe instalasi, pilih ‘custom’ dan pada pilihan ‘where do you want to install windows’ pilih volume yang sudah dibuat sebelumnya.Setelah instalasi selesai, pada waktu boot akan tampil pilihan untuk menggunakan sistem operasi lama atau windows 8 .

4.2.4        METODE  VIRTUALISASI

Metode virtualisasi menggunakan software program virtualisasi. Hardware komputer yang digunakan untuk menggunakan fasilitas virtualisasi ini adalah :
ª      Processor Intel Core i3 atau yang lebih baru
ª      Memori RAM 4GB (32-bit) dan 6GB (64-bit)
ª      Harddrive 160GB atau lebih besardan memiliki ruang kosong sebesar 25GB.
Cara menginstal windows 8 pada virtual machine adalah sebagai berikut :
a.       Hidupkan mesin virtual yang telah dibuat dengan mengklik tombol ‘start’.
b.      Muncul tampilan mesin virtual, klik tab ‘device’ dan pilih virtual CD/DVD. Lalu telusuri program instalasi windows 8.
c.       Muncul tampilan windows setup. Pilih bahasa , format waktu dan mata uang beserta metode input keyboard. Klik next.
d.      Pada tampilan berikutnya, klik tombol ‘start now’ untuk memulai proses instalasi.
e.       Pada tampilan ‘product key’ , masukkan produk key  lalu klik next.
f.       Pada tampilan ‘installation type’, pilih ‘custom-install windows only’.
g.      Pada tampilan ‘where do you want to install’ , pilih default lokasi sesuai mesin virtual.
h.      Ikuti petunjuk pada tampilan ‘installing windows’ sampai proses selesai.
i.        Setelah selesai tampilan windows 8 akan muncul. Tentukan personalize, wireless, settings dan sign in.
j.        Ikuti petunjuk yang muncul pada layar komputer sampai tampilan ‘start screen’ muncul.


5.     MEMULAI  PENGGUNAAN  WINDOWS 8

Cara memulai menggunakan sistem operasi windows 8 adalah sebagai berikut :
ª      Hidupkan komputer yang telah memilki sistem operasi windows 8, dan muncul kotak dialog ‘sign in’ .
ª      Ada dua cara sign in, yaitu dengan Microsoft account dan accoun lokal tergantung pilihan yang dilakukan saat instalasi.
ª      Setelah sign in, ‘start screen’ akan muncul dengan user name pada bagian kanan atas.
ª      Pada start screen akan muncul tiles (kotak-kotak) pilihan metro apps yang merupakan program yang dapat digunakan.
ª      Untuk menampilkan tampilan desktop klasik, klik tiles desktop. Desktop ini memiliki task bar pada bagian bawah dengan ikon aplikasi yang sedang digunakan dan ikon notifikasi.
ª      Untuk kembali ke start screen, geser mouse ke sudut kiri bawah sampai keluar layar dan klik sudut tersebut.
ª      Untuk keluar dari komputer, klik nama pemakai dan pilih sign out.

6.     USER  ACCOUNT

Windows 8 menyediakan dua tipe account, yaitu :
ª      Lokal account : account pada lokal komputer yang  hanya dapat mengatur akses ke komputer lokal tersebut.
ª      Microsoft account : account yang dibuat agar dapat mengakses ke situs- situs internet  milik perusahaan microsoft dan dapat juga digunakan untuk megakses komputer lokal.
Account pemakai pertama dibuat secara otomatis memiliki hak-hak sebagai administrator yang memiliki izin lengkap untuk mengatur dan akses komputer. Account ini dibuat pada tahap terakhir sewaktu instalasi.Untuk membuat account pemakai baru adalah dengan cara klik tombol other users. Dan pada tampilan add users ikuti petunjuk yang diberikan hingga proses tersebut selesai.
Sistem operasi windows 8 menyediakan fitur baru yang dinamakan ‘picture password’, yaitu fitur untuk mempergunakan gambar beserta beberapa gerakan jari atau mouse sebagai password.
Windows 8 juga menyediakan fasilitas ‘family safety’, untuk mengatur dan membatasi akses account anak-anak, baik akses lokal maupun internet. Untuk menggunakan fasilitas ini, buka charm bar dan pada kolom search dengan kategori setting ketikkan ‘family safety’. Buka fasilitas tersebut pada daftar hasil pencarian. Pilih nama account yang akan diterapkan. Pada tampilan ‘set up how <user name> will use the PC’ ada beberapa akses yang dapat diatur, antara lain :
ª      Web filtering : mengontrol situs web yang boleh diakses
ª      Time limit : mengatur waktu kapan user tersebut boleh menggunakan komputer
ª      Windows store and game restrictions : mengatur judul dan rating windows store dan game yang boleh dipakai.
ª      App restriction : mengontrol app yang boleh dipakai di komputer.

7.     SETTING  GAYA  LAMA

Windows 8 adalah sistem operasi berbasis windows 7 sehingga semua peranti yang dimiliki oleh windows 7 masih ada pada windows 8, seperti :
ª      Control panel
ª      Manage
ª      Administrative tools
ª      System dan System properties
ª      Action center
ª      Network and sharing center
ª      Task manager
Untuk menampilkan peranti lama ini Windows 8 memanfaatkan fasiiitas search pada charm bar.

8.     SETTING  GAYA  BARU

Sistem operasi windows 8 menyediakan setting gaya baru untuk mempermudah pengaturan kerja komputer. Dan untuk memulainya klik tombol settings pada daftar menu charm bar, lalu klik ‘change PC settings’ yang merupakan tempat setting gaya baru windows 8. Pada tampilan ‘PC settings’ dikonfigurasikan berbagai fasilitas penggunaan komputer sebagai berikut :

8.1        PERSONALIZE

Fasilitas ini digunakan untuk mengkonfigurasikan layar komputer yang dipakai sesuai dengan profil yang dipakai setelah sign in. Fasilitas ini memiliki fasilitas pengaturan sebagai berikut :
a.       Look Screen : mengatur tampilan saat layar komputer terkunci.
b.      Start Screen : mengatur penampilan start screen.
c.       Account Picture : mengatur penampilan gambar account yang akan ditampilkan pada saat sign in.
d.      Create an account picture : membuat foto untuk account apabila komputer yang digunakan dilengkapi dengan kamera.

8.2        USERS

Fasilitas ini digunakan untuk mengatur pembuatan dan administrasi account para pemakai komputer.

8.3        NOTIFICATION

Fasilitas ini digunakan untuk mengatur penampilan notifikasi-notifikasi apps. Fasilitas ini memiliki tiga tombol pengaturan sebagai berikut ;
a.       Show app notifications : menampilkan notifikasi app
b.      Show app notifications on locked screen : menampilkan notifikasi app pada jendela terkunci
c.       Play notifications sounds : menampilkan notifikasi suara.

8.4        SEARCH

Fasiitas ini berguna untuk mengatur fasilitas pencarian . fasilitas ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu :
a.       Show the app i search most often at the top : menampilkan app yang paling sering pakai mencari paling atas.
b.      Let windows save my search history as future search suggestion : izinkan windows menyimpan sejarah pencarian saya untuk pencarian di kemudian hari.

8.5        SHARE

Fasilitas ini berguna untuk mengatur fasilitas pemakaian bersama app yang dipakai. Fasilitas ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu :
a.       Show the app i use most often at the top of app list : menampilkan app yang paling sering dipakai bersama paling atas daftar app
b.      Show the list i share the most often : menampilkan daftar pemakaian bersama yang paling sering dipakai.

8.6        WIRELESS

Fasilitas ini digunakan untuk mengatur penggunaan wireless pada komputer. Fasilitas ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu :
a.       Flight mode  : mengatur hidup/mati komunikasi wireless
b.      Wireless device : mengatur hidup/mati wifi.

8.7        EASE OF ACCESS

Fasilitas ini digunakan untuk mengatur agar mempermudah akses ke komputer bagi orang yang pengelihatanya kurang. Fasilitas ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu :
a.       High contrast : membuat layar komputer lebih kontras
b.      Make everything on your screen bigger : membuat penampilan apa saja pada layar komputer lebih besar.

8.8        DEVICE

Faslitas ini digunakan untuk menambah peralatan baru dan menampilkan daftar peralatan yang terpasang pada komputer.

8.9        GENERAL

Fasilitas ini menampilkan informasi umum mengenai komputer yang dipakai. Pada fasilitas ini terdapat beberapa pilihan, seperti :
a.       Adjust for daylight saving time automatically : mengatur waktu daylight saving secara otomatis.
b.      Allow switching between recent apps : izinkan pertukaran antara app yang baru dipakai.
c.       Autocorrect mispelled words : pembetulan ejaan kata secara otomatis.
d.      Add or change input method, keyboard layout and languages : menambah atau mengubah metode input, layout keyboard dan bahasa.
Pada fasilitas ini tersedia dua fasilitas backup dan restorasi sistem operasi,seperti :
v  Refresh your PC without affecting your files
Setelah data di backup PC dapat dikembalikan tanpa menggangu file-file yang ada
v  Remove everything and reinstall windows
Setelah data di backup, sistem operasi dapat dikembalikan dengan data yang sudah tterhapus dan menginstal ulang windows.

8.10    SYNC YOUR SETTINGS

Fasilitas ini digunakan untuk sinkronasi setting berbagai peralatan komputer.fasilitas ini memungkinkan pengguna memiliki setting yang sama pada peralatan yang berlainan. Untuk menggunakan fasilitas ini harus memiliki microsot account. Pada fasilitas ini terdapat beberapa sarana yang dapat diatur, yaitu :
a.       Sync setting on the PC : sinkronasi setting pada PC
b.      Setting to sync : setting yang akan disinkronasi
·         Personlize
·         Desktop personalize
·         Ease of access
·         Language preferences
·         App settings

8.11    PRIVACY

Fasilitas ini berguna untuk mengatur informsi-informasi pribadi pemakai. Fasilitas ini memiliki tiga tombol pengaturan, yaitu :
a.       Let app suse my location : izinkan apps menggunakan lokasi pengguna berada
b.      Let apps use my name and account picture : izinkan apps menggunakan nama dan gambar account pengguna.
c.       Help improve windows store by sending URLs for the web that apps use : membantu perbaikan windows store dengan mengirimkan URL untuk web yang dipakai oleh apps.

8.12    HOME GROUP

Fasilitas ini digunakan untuk mempermudah sharing (pemakaian bersama) pada jaringan komputer dirumah.

8.13    WINDOWS UPDATE

Fasilitas ini digunkan untuk memperbarui windows 8, untuk memperbaiki program-program yang memiliki kesalahan (bugs) agar melindungi komputer dari serangan virus atau spyware yang mengeksploitasi kelemahan program-program tersebut.
Untuk menggunakan fasilitas ini harus ada koneksi internet. Buka fasilitas ‘change your pc settings’, lalu klik tombol ‘check your updates now’ untuk memeriksa apakah sudah ada update yang diperlukan. Lalu klik tombol ‘turn on recommended setting’ untuk memulai proses windows update dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar komputer sampai proses selesai.
Fasilitas windows update gaya baru tidak menyediakan banyak fitur yang dapat diatur. Jadi, untuk mengatur cara kerja windows update harus menggunakan fasilitas windows update gaya lama, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Buka fasilitas windows update dari Control Panel, lalu tampilan windows update gaya lama akan muncul. Windows update gaya lama ini menyediakan banyak fitur yang dapat di ubah, seperti :
ª      Check for updates : periksa update yang tersedia.
ª      Change settings : mengubah setting
ª      View update history : melihat sejarah update
b.      Klik ‘check for update’ untuk memeriksa apakah sudah ada update yang tersedia dan perlu di pakai. Dan akan muncul informasi mengenai importan dan critical update yang tersedia pada situs windows update.
c.       Klik ‘change update settings’ untuk mengubah cara update. Windows update dapat dipilih agar dijalankan secara otomatis atau manual. Pada pada tampilan ini akan mucul pilihan :
ª      Install update automatically (recommended)
ª      Download the update but let me choose whether to install them
ª      Check the update but let me choose whether to download and install them.
ª      Never check for updates (not recommended).

9.     FITUR-FITUR  WINDOWS 8

Fitur-fitur baru pada interface Metro ( interface windows 8 ) adalah :

9.1        FITUR SUDUT

Fitur yang menggunakan sudut-sudut layar komputer untuk menukar penampilan mode jendela satu ke jendela yang lain dengan menggunakan mouse. Mode yang di tampilkan sebagai berikut :
ª      Sudut kiri bawah : menampilkan start screeAn
ª      Sudut kiri atas : menampilkan jendela aplikasi-aplikasi terakhir yang sedang terbuka.
ª      Sudut kiri atas dan bawah : menampilkan charm bar

9.2        FITUR SENTUH

Fitur yang mengatur sentuhan jari pada layar sentuh. Gerakan jari yang penting sebagai berikut :
ª      Press and Hold : tekan dan tahan untuk menampilkan
ª      Tap : ketuk untuk membuka atau menjalankan suatu app
ª      Slide : geser untuk menggeser jendela atau memindahkan objek.
ª      Swipe : oles untuk menampilkan mode tampilan
ª      Pinch : jepitan dua jari untuk memperbesar atau memperkecil jendela atau objek.
ª      Rotate : putaran dua jari untuk memutar objek atau menggeser objek .
ª      Swipe Edge : oles dari pinggir ke layar komputer.

9.3        FITUR MEMATIKAN KOMPUTER

Cara mematikan komputer sebagai berikut :
a.       Geser mouse ke sudut kanan atas untuk menammpilkan charm bar.
b.      Klik ganda pada tombol setting.
c.       Klik tombol power untuk menampilkan pilihan sleep, restart, atau shutdown.

9.4        FITUR TILES

Fitur yang merupakan kotak pilihan yang mewakili suatu app, drive, folder, file, atau shortcut. Klik kanan mouse pada suatu appdi start screen, maka akan muncul daftar menu perintah-perintah pengaturan app tersebut di sudut kiri bawah jendela start screen yang dapat digunakan untuk mengatur app, antara lain sebagai berikut :
ª      Unpin from start : menghilangkan tampilan kotak app dari start screen.
ª      Uninstall : menghapus app dari komputer.
ª      Smaller : membuat ukuran tiles lebih kecil.
ª      Turn live tile off : mematikan tiles hidup.

9.5        FITUR MENUTUP APP

App yang terbuka dan tersembunyi masih memakai sumber tenaga komputer dan akan memperlambat kinerja komputer. Oleh karena itu app tersebut harus di tutup dengan cara :
a.       Geser mouse ke pinggir atas jendela app yang terbuka hingga tampil kursor bentuk tangan. Lalu geser kursor tersebut ke arah bawah layar komputer.
b.      Jendela app akan mengecil, geser terus kursor tersebut sampai ke paling bawah layar komputer.
c.       Lepas tombol mouse dan app yang terbuka tadi akan tertutup.

9.6        FITUR ON-SCREEN KEYBOARD

Untuk menampilkan on-screen keyboard, pilih kategori apps pada jendela search dan ketikkan OSK pada kolom search yang tersedia. Akan muncul on-screen keyboard sebagai hasil pencarian lalu klik, maka akan muncul virtual keyboard di layar komputer.

9.7        FITUR PINGGIR

Fitur yang menggunakan pinggiran layar komputer untuk menukar penampilan mode jendela satu ke jendela yang lain dengan layar sentuh.
Mode yang ditampilkan sebagai berikut :
ª      Swipe (oles) dari pinggir kiri ke dalam layar : kembali ke app terakhir yang dibuka.
ª      Swipe cepat dari pinggir kiri ke dalam layar dengan swipe balik keluar : menampilkan thumbnail app yang baru dibuka beserta thumbnail start screen.
ª      Swipe dari pinggir kanan ke dalam layar : menamplkan charm bar.
ª      Swipe dari pinggir bawah ke dalam layar : menampilkan daftar menu pengaturan app.

9.8        FITUR CHARM BAR

Fitur yang berupa jalur menu disebelah kanan layar komputer . Untuk menampilkan charm bar, geser mouse ke sudut kanan atas atau bawah. Charm bar akan muncul pada panel kanan komputer, lalu geser kembali charm bar tersebut ke jalur belakang charm bar akan berubah menjadi hitam dengan daftar fasilitas sebagai berikut :
ª      Search : menampilkan jendela pencarian.
ª      Share : menampilkan share option bagi aplikasi yang sedang berjalan.
ª      Start : untuk kembali ke start screen.
ª      Devices : menampilkan peralatan-peralatan yang sedang koneksi dengan komputer.
ª      Settings : menampilkan 6 setting dasar, yaitu WiFi, speaker, brightness, notification, power, dan language.

9.9        FITUR SHORTCUT

Fitur yang berguna untuk mempercepat penukaran mode jendela satu ke jendela lain dengan mengguanaakn keyboard. Windows 8 menyediakan sejumlah shortcut yang berguna untuk dipakai dengan interface metro, antara lain sebagai berikut :
ª      Windows key : menampilkan ‘metro start screen’.
ª      Windows key + C : menampilkan menu charm bar.
ª      Windows key + D : menampilkan desktop klasik.
ª      Windows key + E : menampilkan desktop klasik sambil membuka windows explorer.
ª      Windows key + F : menampilkan jendela search file.
ª      Windows key + H : menampilkan charm share.
ª      Windows key + I : menampilkan  jendela settings.
ª      Windows key + L : mengunci layar komputer.
ª      Windows key + M : kembali ke desktop dengan meminimize aplikasi yang terbuka.
ª      Windows key + P : menampilkan pilihan monitor yang akan di pakai.
ª      Windows key + Q : menampilkan charm search.
ª      Windows key + R : menampilkan kolom run.
ª      Windows key + U : menampilkan jendela desktop klasik sambil membuka jendela ‘ease of accses center’.
ª      Windows key + Z : menampilkan tombol ‘all apps’ di panel bawah metro interface.
ª       Windows key + Enter : membuka ‘narrator’ yanng memberikan info dan tips.

9.10    FITUR-FITUR KLASIK

Fitur-fitur klasik yang terdapat pada windows 8, antara lain sebagai berikut :
a.       Ikon : simbol yang mewakilkan suatu fasilitas, baik sebagai program, driver, folder, file ataupun shortcut.
b.      Toolbar : sekumpulan tombol yang dapat digunakan untuk menjalankan fasilitas yang sering digunakan.
c.       Kolom pemasukan : untuk memilih nama drive, folder atau alamat situs web.
d.      Kolom search : untuk mencari suatu file atau program tertentu.
e.       Status bar : menampilkan status fasilitas atau program yang sedang digunakan.
f.       Taskbar : memuat informasi mengenai tanggal, waktu, dan ikon-ikon yang mewakili program aplikasi yang sedang aktif.

10.         METRO APPS

Metro  apps adalah program-program aplikasi yang khusus dibuat untuk pemakaian dengan interface metro. Apps ini sudah tersedia siap pakai sewaktu menginstalasi windows 8. Metro apps siap pakai (default metro apps) yang tampil pada start screen, antara lain :

10.1    MAIL

App ini disediakan untuk menerima dan mengirim e-mail. Pada saat pertama kali membuka app mail maka akan muncul tampilan ‘sign in with a Microsoft account yang merupakan fasilitas e-mail siap pakai (default) milik perusahanan Microsoft yang didukung oleh windows 8.
Masukkan microsoft account yang dimiliki. Apabila belum memiliki microsoft account , buat account tersebut dengan mengklik ‘sign up for a microsoft account’, lalu ikuti petunjuk yang muncul.
Selain fasilitas mail dengan Microsoft account, windows 8 juga mendukung fasilitas e-mail lain, seperti Gmail, Yahoo, MS Exchange, dengan mngklik ‘add other accounts’.

10.2    PEOPLE

App ini merupakan fasilitas komunikasi dengan teman. App people berbasis cloud akan mengadakan koneksi ke e-mail dan jaringan sosial yang dimiliki ole penggunanya, dimana semua kontak dari berbagai buku alamat aplikasi yang dipakai akan dijadikan satu. Untuk menggunakan app ini pengguna harus sign in terlebih dahulu menggunakan microsoft account.

10.3    MESSAGING

App ini menyediakan fasilitas chatting. Teman –teman chatting dari fasilitas chatting lain dapat dihubungkan pada profil di app messaging. Pengguna harus sign terlebih dahulu dengan menggunakan microsoft account.

10.4    DESKTOP

App ini menampilkan jendela desktop, dimana aplikasi lama dapat di jalankan. Tampilan desktop ini sama seperti tampilan desktop pada windows sebelumnya, hanya saja tidak menampilkan tombol start.

10.5    CALENDAR

App ini menyediakan  fasilitas kalender yang dapat dipakai untuk membuat appointment (perjanjian) dan meeting (pertemuan).

10.6  PHOTO

Dengan app ini foto-foto dapat disimpan pada picture library, skydrive photo, facebook photo dan flickr photo dalam satu tempat. Akan tetapi fasilitas-fasilitas tersebut harus dihubangkan terlebih dahulu dengan app photo.

10.7    WEATHER

App ini merupakan fasilitas yang memberitahukan keadaan cuaca dimana pengguna berada dan wilayah lainya yang ingin diketahui.

10.8    INTERNET EXPLORER

App ini digunakan untuk membuka internet explorer 10 berbasis metro. App ini memberikan fasilitas membaca, mendengar  dan melihat berbagai informasi dari seluruh dunia yang tersedia lewat fasilitas internet serta mengirim dan menerima e-mail.
Internet Explorer 10 (IE10) merupakan program aplikasi web browser terbaru yang khusus dibuat untuk sisitem operasi windows 8. IE10 didesain agar bekerja dengan cepat dan luwes. IE10 berbasis metro memperkenalkan cara-cara baru menelusuri internet dengan fokus pada situs web yang sedang dibuka. IE10 dapat dibuka dari interface Metro maupun desktop gaya lama. Fitur-fitur baru IE10, yaitu :
ª      Flip Ahead : untuk pergi ke lembar berikutnya pada suatu situs. Fitur ini memungkinkan untuk membuka halaman-halaman situs web seperti membuka majalah dengan mengoles kedepan pada layar sentuh dan geser kedepan pada mouse.
ª      Adobe Flash Player yang langusng tersedia dan diinstalasikan dahulu.

10.9    STORE

App ini memberikan fasilitas akses ke ‘windows apps store’, yaitu toko internet yang milik perusahaan microsoft. Pada toko internet ini dapat memilih dan mendownload berbagai app, games, video, lagu, dan buku yang ingin digunakan, baik gratis maupun yang harus dibeli.Untuk membuka windows store, klik ganda pada tile ‘store’ pada interface  metro.

10.10              MAPS

App ini memberikan sarana peta untuk membantu mencari jalan menggunakan fasilitas Bing. Pada saat app ini pertama kali dibuka akan muncul map dimana pengguna berada. Map tersebut dapat diperbesar dan diperkecil.

10.11              SKYDRIVE

App ini merupakan fasilitas penyimpanan data di internet/ cloud yang disediakan oleh Microsoft. App ini adalah salah satu fasilitas penyimpanan di web yang cukup bagus dengan memberikan fasilitas penyimpanan gratis sampai 7GB.
Situs penyimpanan skydrive menyediakan tiga folder utama,yaitu documents, pictures, dan public. Selain untuk menyimpan data, app ini juga menyediakan program Ms.Word, Ms.Excel dan Ms.Powerpoint versi web siap pakai.
Ada dua cara memulai app ini, yaitu
a.       Dari app skydrive pada start screen. Klik app skydrive maka akan muncul tampilan sign in ke skydrive dengan menggunakan microsoft account.
b.      Dengan membuka internet explorer dan pergi ke situs web www.skydrive.live.com , akan tampil jendela sign in dengan microsoft account.

10.12              MUSIC

App ini digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu serta mendownload lagu-lagu yang dapat dibeli dari windows store. Klik tombol ‘play all music’ untuk memainkan lagu-lagu yang disimpan dalam komputer di folder music.

10.13              GAMES

App ini digunakan untuk memainkan xbox games online. Pengguna harus memiliki microsoft account untuk dapat akses ke xbox live games.

10.14              CAMERA

App ini digunakan untuk pengambilan photo. App ini berfungsi jika komputer dilengkapi dengan kamera.

10.15              NEWS, SPORT, TRAVEL DAN FINANCE

App ini berkaitan dengan informasi dari internet mengenai berita teraakhir (news), olahraga (sports), travel dan saham (finance).
            Sebenarnya masih banyak lagi apps lain yang tersedia hanya tidak ditampilkan pada start screen. Untuk menampilkan apps lain yang tersembunyi , klik kanan mouse pada sisi bawah start screen lalu klik tombol ‘all apps’ .

11.         INSTALASI PROGRAM

Cara instalasi program dan pada windows 8 terdiri atas dua cara, yaitu :

11.1    APLIKlASI PROGRAM GAYA LAMA

a.       Cara instalasi program dengan gaya lama adalah sebagai berikut :
ª      Masukkan CD-Rom atau DVD yang memuat aplikasi program yang akan diinstallkan.
ª      Pada sudut kanan atas layar komputer akan tampil kotak dialog DVD/CD-RW drive. Klik kotak dialog tersebut untuk memulai DVD/CD drive.
ª      Pilih program yang akan diinstalkan. Program akan mulai diinstalisasi. Ikuti petunjuk pada layar komputer hingga proses selesai.
ª      Setelah instalasi selesai aplikasi-aplikasi program akan muncul sebagai apps pada tampilan start screen. Apabila program-program ini dijalankan akan tampil pada jendela desktop.

b.      Cara menghapus program aplikasi gaya lama, yaitu :
ª      Buka charm bar, pilih kategori settings dan ketikkan ‘program’ pada kolom search.
ª      Buka ‘program and features’ pada daftar hasil pencarian. Pada daftar program, pilih aplikasi program yang akan dihapus.\
ª      Klik kanan pada prograam yang akan dihapus, lalu pilih uninstall.
ª      Proses penghapusan program dimulai. Ikuti petunjuk yang muncul di layar komputer hingga proses penghapusan selesai.

11.2    METRO APPS GAYA BARU

a.       Instalasi metro apps harus dilakukan dari interface metro dengan langkah-langkah sebagai berikut :
ª      Buka start screen, lalu buka apps store. Sign in dengan microsof account agar dapat mengakses windows stores.
ª      Pada windows stores, pilih app yang akan diinstalisasikan. Klik tombol install.
ª      Maka kan muncul pesan installing kemudian pesan the app was installed pada tampilan start screen .
ª      Setelah itu app tiles akan muncul pada tampilan  start screen yang berarti app tersebut sudah diinstalasikan dan siap dipakai.
b.      Manghapus metro app harus dilakukan pada interface metro dengan cara sebagai berikut :
ª      Buka start screen, klik kanan pada app yang akan dihapus . sudut kanan atas kotak tile app akan diberi tanda centang.
ª      Pada panel bawah akan muncul daftar menu untuk mengatur apps. Klik uninstall apps.
ª      Setelah penghapusan app selesai, kotak app tersebut akan hilang dari start screen.

12.         PRINTING

Fasilitas ini digunakan untuk mencetak dokumen, gambar atau foto pada suatu printer yang dihubingkan ke komputer. Ada dua metode printing pada windows 8, yaitu :
a.       Metode printing  windows gaya lama, dengan cara :
ª      Saat printer dihubungkan ke komputer , fasilitas ‘pludg and play’ windows 8 akan muncul secara otomatis.
ª      Printer driver yang dibutuhkan oleh printer tersebut akan diinstalisasikan jika windows 8 telah menyediakan printer driver siap pakai untuk printer yang diinstalkan.
ª      Buka charm bar dan ketik printer pada kolom search dengan kategori settings. Buka devices and printers, maka akan muncul daftar peralatan yang terpasang pada komputer termasuk printer yang sedang diinstal.
ª      Perhatikan status printer yang sedang diinstalkan. Jika printer driver tidak tersedia oleh windows 8, akan tampil status: ‘setup incomplete. Connect to tthe internet’
ª      Hubungkan kompuetr ke internet. Secara otomatis proses instalasi akan dilanjutkan yang diperoleh dari internet.
ª      Pada tampilan devices nd printers akan muncul status: ‘0 documents in queue’ yang berarti printer siap di pakai. Printer dapat dipakai dengan langkah-langkan sebagai berikut :
                                                           i.            Buka tampilan windows desktop
                                                         ii.            Buka aplikasi yang akan dipakai.
                                                       iii.            Buka dokument yang akan di print.
                                                       iv.            Kilk tombol printer pada aplikasi yang dipakai.
                                                         v.            Pilih printer yang di pakai pada kolom nama printer pada tampilan print.
                                                       vi.            Lakukan pengaturan lain yang di butuhkan pada tampilan print. Jika sudah selesai klik ok. Maka proses printing akan dilakukan.
b.      Metode printing gaya baru dilakukan dengan cara sebagai berikut :
ª      Instalisasikan printer dengan fasilitas ‘plug and play’.
ª      Setelah printer terinstalisasikan dengan baik dan siap dipakai lakukan langkah-lanhkah berikut ini untuk mencetak dengan interface metro :
                                                           i.            Buka apps yang akan dipakai pada interface metro.
                                                         ii.            Buka fasilitas charm bar. Klik tombol device dan pilih printer yang akan dipakai pada daftar peralatan yang tampil. Tentukan pengaturan yang muncul pada tampilan tersebut.
                                                       iii.            Pada panel kiri tampilan tersebut akan muncul printer priview sehingga dapat dilihat hasil print sebelum di printing.
                                                       iv.            Klik tombol more setting untuk menampilkan setting lebih lanjut seperti duplex printing, collation dan page per sheet.
                                                         v.            Klik tombol print untuk memulai print.

13.         SEPULUH  PERBEDAAN UTAMA WINDOWS 8 DENGAN WINDOWS 7

Dari pembahasan di atas kita dapat mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang telah  dilakukan oleh windows 8. Jadi, jika dibandingkan dengan windows sebelumnya, yaitu windows 7 maka ditemukan sepuluh perbedaan utama yang sangat kelihatan, yaitu :
1)      Tidak Ada Start Button
Metro UI Bila Anda tidak menyukai Start Button pada Windows versi-versi yang sebelumnya, secara default pada Windows 8 Start Button telah dihilangkan dan digantikan dengan Metro UI (User Interface).

2)      Task Manager yang Lebih Sederhana
Pada windows 8 task manager hanya sebuah list aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan dapat dihentikan dengan sekali klik. Untuk melihat bagian processes cukup klik More details.

3)      Perubahan pada Move, Rename, Copy, dan Delete
Bila melakukan copy file apapun, baik satu file maupun banyak file, semua info akan digabungkan menjadi satu kotak dialog. Jadi bila melakukan 5 proses copy yang terpisah, tidak akan terlihat 5 kotak dialog seperti biasanya. Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pause. Bila Anda klik More details, Anda akan dapat melihat kecepatan dan banyaknya data yang sedang di-copy.

4)      Windows Explorer Baru
Windows Explorer yang sekarang pun akan menggunakan ribbon interface seperti yang mungkin sering Anda lihat pada Office 2007 dan 2010.

5)      Startup Cepat
Melakukan restart pada komputer namun tanpa merestart sepenuhnya. Anda tetap akan melihat sesi baru di mana semua aplikasi telah tertutup seperti restart biasa tapi dengan menggunakan waktu yang jauh lebih sedikit.

6)      Browsing Bebas Plugin
Internet Explorer (IE) 10 memiliki perubahan user interface yang cukup signifikan dan juga mengubah pola melakukan browsing. IE 10 lebih menggunakan HTML 5 dibandingkan dengan plugin dan secara default akan berjalan tanpa plugin. Bila membutuhkan sesuatu seperti Adobe Flash untuk membuka sebuah halaman  dapat mengubahnya ke tampilan “desktop”.

7)      Booting Lebih Baik
Pada Windows versi-versi sebelumnya bila Anda melakukan booting dengan opsi advanced tampilannya akan sangat membosankan, tampak sama seperti DOS command prompt. Tampilan booting sekarang sangat cantik. Anda akan melihat tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan pengaturan.

8)      Sign In dengan Windows Live ID
Pada Windows 8, Anda dapat melakukan sign in dengan Windows Live. Dengan integrasi SkyDrive, sekarang Anda dapat sign in dengan Windows Live dan mendapatkan file, pengaturan, aplikasi, dan lain-lain yang tersimpan. Anda dapat masuk ke Windows 8 pada mesin yang lain.

9)      Refresh dan Reset
Ada dua fitur baru pada Windows 8 yaitu opsi refresh dan reset. Reset akan membuang semua data personal, aplikasi, dan pengaturan kemudian menginstall ulang Windows. Refresh akan menyimpan semua data, aplikasi, dan pengaturan, kemudian menginstall ulang Windows. Pada Windows versi sebelumnya, akan cukup sulit untuk menginstall ulang Windows tanpa menghapus semua personal data. Opsi ini pun dapat digunakan saat booting sehingga bila Anda mengalami masalah dalam booting, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini.

10)  Scaling untuk Ukuran Layar yang Berbeda-Beda
Windows 8 memungkinkan Anda untuk melakukan scaling atau pengubahan ukuran ke resolusi layar, ukuran layar, dan densitas pixel yang berbeda. Anda dapat menggunakan Windows 8 di berbagai tempat mulai dari Windows phone sampai kepada layar 30 inchi dengan resolusi 2560×1600. Sebagian besar aplikasi Windows 8 akan didesain untuk secara otomatis mengatur dirinya sendiri di berbagai ukuran layar dan menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten berdasarkan ukuran.

1 komentar: